No. 24 Partai Persatuan Pembangunan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Terima kasih atas kunjungan ke blog PPP Kec. Cicurug. Blog ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan kader & simpatisan PPP di Kec. Cicurug khususnya dan bagi kader & simpatisan PPP Kab. Sukabumi secara umum.
Apabila terdapat saran dan masukan dapat ditujukan ke email ppp_cicurug@yahoo.co.id.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


29 Agustus 2009

Pilkada Mulai Memanas


Jurnal Bogor, 28 August 2009
oleh jayadi

Sukabumi - Persaingan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sukabumi 2010 mulai menghangat. Hal itu ditandai dengan digelarnya pertemuan segitiga antara para pengurus PKS, PAN, dan PPP yang berlangsung di Hotel Augusta Cibadak, tadi malam.


Pertemuan tiga partai berbasis massa Islam itu, dihadiri Bupati Sukabumi Sukmawijaya yang telah digadang-gadang PKS untuk menjadi calon Bupati Sukabumi periode mendatang. Pada saat yang bersamaan, sejumlah Relawan Permata yang pernah menjadi tim sukses SBY - Boediono di arena Pilpres menyatakan dukungannya terhadap pencalonan Ir. Dadang Ahmad.


Dadang tercatat sebagai koordinator tim Relawan Permatan SBY - Boediono untuk Wilayah Jawa Barat III. Dia juga pernah menjadi Calon Bupati Sukabumi pada tahun 1999 silam saat pemilihan masih dilakukan di gedung Dewan.


Dalam pertemuan silaturahmi yang melibatkan tiga partai politik, Sukmawijaya didaulat tampil untuk memaparkan sedikit visi dan misinya mengenai Kabupaten Sukabumi. Sukmawijaya memaparkan tentang pentingnya sebuah kepemimpinan yang amanah bagi pembangunan Kabupaten Sukabumi. Bahkan Sukma menyatakan rasa terima kasihnya atas undangan dari ketiga parpol ini.”Saya menyambut keinginan baik tiga parpol untuk bersama-sama melakukan sebuah penjajakan mengenai sosok kepemimpinan di Sukabumi. Namun kehadiran saya disini atas nama pribadi. Diharapkan pertemuan ini bisa melahirkan sebuah gagasan bagus bagi perkembangan pembangunan di Kabupaten Sukabumi,” kata Sukma.


Meski pertemuan ini hanya sebuah upaya silaturahmi, para pimpinan ketiga parpol tidak membatah kegiatan ini sebuah rencana politik ke depan menjelang Pilkada. Pasalnya, pertemuan digagas setelah ketiga parpol melakukan komunikasi politik untuk menjajaki koalisi. Bahkan dalam salah satu materi pembahasannya, salah seorang perwakilan PKS sudah mengarahkan pembicaraan kepada sosok calon Bupati. ”Pertemuan ini sebagai salah satu wujud dari komunikasi politik yang selama ini kami bangun. Kami sudah melakukan pembicaraan khusus dengan pimpinan PKS maupun PAN. Alhamdulillah ketiga parpol sepakat untuk duduk bersama dalam pertemuan ini dengan menghadirkan Bapak Sukmawijaya,” kata Ketua DPC PPP Kabupaten Sukabumi, Yusuf Fuadz yang merupakan penggagas pertemuan tersebut.


Yusuf mengakui pertemuan ini sebagai awal dari upaya membangun kerjasama politik menjelang pelaksanaan Pilkada. Dari hasil pembicaraan informal dengan PKS dan PAN, ternyata ada kesamaan visi dan misi untuk bersama-sama membangun Kabupaten Sukabumi ke arah yang lebih baik. Kerjasama ini pun tidak menutup kemungkinan untuk melibatkan partai politik lainnya.”Belum ada kesepakatan politik antara tiga parpol ini. Apalagi sampai menentukan sosok calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung pada Pilkada tahun 2010 mendatang. Masalahnya masing-masing parpol memiliki aturan dan mekanisme tersendiri untuk menetapkan sosok pasangan calon bupati,” kata Yusuf. Hanya saja, kata Yusuf, PPP hampir dipastikan tidak akan mengusung calon bupati maupun wakil bupati yang berasal dari internal parpol. PPP baru akan menentukan sikap setelah melihat perkembangan politik menjelang Pilkada. ”Yang pasti PPP akan memberikan dukungan bagi pasangan calon yang berpeluang menang. Adapun kehadiran Sukmawijaya dalam pertemuan ini karena yang bersangkutan memang sebagai pemenang Pilkada periode lalu,” tandas Yusuf.


Pertemuan silaturahmi tersebut dihadiri hampir sebagian besar para anggota dewan dari ketiga parpol. Bahkan PAN dan PPP menguasai forum pertemuan dengan mengundang jajaran para pengurus harian. Bahkan menggelar silaturahmi, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha melanjutkan pertemuan dengan para pengurusnya di tempat yang sama.

Rojab Asy’Ariredaksi@jurnalbogor.com

Tidak ada komentar: