No. 24 Partai Persatuan Pembangunan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Terima kasih atas kunjungan ke blog PPP Kec. Cicurug. Blog ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan kader & simpatisan PPP di Kec. Cicurug khususnya dan bagi kader & simpatisan PPP Kab. Sukabumi secara umum.
Apabila terdapat saran dan masukan dapat ditujukan ke email ppp_cicurug@yahoo.co.id.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


30 Agustus 2009

DPRD Jabar Rekomendasikan Pemekaran Sukabumi

Jurnal Bogor, 29 August 2009
oleh meisaaRubrik: Jurnal Sukabumi

Sukabumi - Sidang Paripurna DPRD Jawa Barat akhirnya merekomendasikan usulan pembentukan Kabupaten Sukabumi Utara (KSU) menjadi daerah otonom baru. Rekomendasi tersebut akan segera dikirim Gubernur Jawa Barat untuk mendapatkan persetujuan Pemerintah Pusat. DPRD Jawa Barat juga merekomendasikan alokasi bantuan dana sebesar Rp 5 miliar terhitung sejak diresmikannya Kabupaten Sukabumi Utara.Dua poin penting dalam upaya pemekaran wilayah Kabupaten Sukabumi itu terungkap dalam Sidang Paripurna DPRD Jawa Barat di Bandung, Jum’at (28/8) kemarin.
Sidang Paripurna dihadiri Bupati Sukabumi, Sukmawijaya bersama beberapa pejabat lainnya. Menanggapi keluarnya rekomendasi tersebut, Sukmawijaya merasa optimis pemekaran wilayah akan segera terwujud.”Pemekaran wilayah ini sudah menjadi program prioritas kami sejak memimpin Kabupaten Sukabumi. Tahapan demi tahapan sudah kita lalui dengan cukup lancar. Saat ini usulan pemekaran tinggal menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat,” kata Sukmawijaya kepada Jurnal Bogor, kemarin. Menurut Sukma, pihaknya akan segera mensosialisasikan keluarnya rekomendasi DPRD Jawa Barat mengenai pembentukan Kabupaten Sukabumi Utara ini. Hal ini penting diketahui masyarakat luas agar persiapan di lapangan cukup matang. ”Meski masih ada satu tahapan penting terkait harus adanya keputusan pemerintah pusat, namun tidak ada salahnya kabar baik ini kami informasikan kepada masyarakat,” kata Sukma.
Menyinggung persiapan teknis maupun administrasi pembentukan Kabupaten Sukabumi Utara, Sukma menyatakan hal itu sudah selesai dilakukan tim pengkajian pemekaran. Persoalan yang sedang dihadapi justru mengenai alokasi anggaran persiapan pembentukan wilayah. Kemungkinan anggaran pemekaran akan dibahas pada APBD tahun 2010 mendatang.”Dana persiapan pembentukan wilayah hingga menjadi daerah otonom baru diperkirakan mencapai sekitar Rp 5 miliar. Dana sebesar itu bukan untuk membangun gedung atau fasilitas pemerintahan yang baru. Sebab dana pembangunan fasilitas baru akan menelan anggaran cukup besar,” tandas Sukma.Selain masalah anggaran persiapan pembentukan Kabupaten Sukabumi Utara, DPRD Jawa Barat merekomendasikan anggaran untuk penyelenggaraan Pilada di daerah otonom baru tersebut. Besaran anggaran Pilkada pertama itu mencapai sebesar Rp 2,5 miliar. Sebelum melakukan Pilkada, daerah otonom baru akan menunjuk pejabat sementara kelapa daerah yang kemungkinan besar berasal dari kalangan birokrat.
Rojab Asy’ari

Tidak ada komentar: